Minggu, 25 September 2016

I'm Getting Married

Dont' you believe it?
I'm getting married!
Haha!
Married?
Yaaah,
I mean, one day. Insya Allah.
Yeah, of course I will :)
Why so serious? 

Jodoh sudah ada yang mengatur, bukan.
Mintalah dengan baik.
Jemputlah dengan baik.
Jadilah pribadi yang berakhlak baik,
agar mendapat seseorang yang baik pula akhlaknya.
Tapi jangan menjadi baik hanya karena
ingin mendapat jodoh.
Bisa dimengerti?

Nasehat lama, tapi manjur sekali adanya.
Tidak perlu mengubar rasa suka itu,
Kita tidak tahu apakah memang benar sesuka itu.

Selamat untuk yang sudah mendapatkan jodohnya.
Banyak sekali doa-doa baik untuk kalian.
Semoga selalu taat kepada perintah-Nya.
Semoga bisa membimbing satu sama lain dalam ketaatan.
Semoga menikahnya kalian karena Allah.
Bersama di dunia membina keluarga karena Allah.
Esok, dipertemukan kembali oleh Allah di Surga 'Adn.
Insya Allah.

Selamat bebenah untuk yang masih menungguh jodohnya.
Banyak pula doa-doa baik untuk kalian.
Semoga lekas dipertemukan.
Jangan lelah berdoa.
Jangan lelah memperbaiki diri.
Siapapun dia, tetapkanlah hatimu karena Allah.
Dia adalah titipan Allah untukmu.
Bagaimanapun dia, bimbinglah.

Sabtu, 24 September 2016

DOcar: Solusi Sewa Mobil Secara Tepat, Murah dan Fleksibel


Kota Yogyakarta, Solo dan Semarang adalah salah satu kota wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Dari zaman ke zaman, Yogyakarta, Solor dan Semarang menemui banyak perkembangan dan perubahan pada sudut-sudut kotanya. Bahkan, akhir-akhir ini tempat wisata di Jogja pun terbilang banyak sekali dan itu mengundang para pecinta travelling seperti saya ini tertarik untuk mengunjunginya satu persatu.

Dalam beberapa pilihan sering kali para traveller atau wisatawan yang ingin menikmati perjalanannya di kota Jogja terutama ke daerah yang terbilang jauh dari pusat kota menginginkan fasilitas transportasi yang nyaman, aman dan tentunya murah. Banyak dari mereka mencari rental mobil sebagai acuan berkendara.

Mobil, selain pilihan yang terbilang cukup elit untuk berwisata, pun tidak dipungkiri banyak kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakannya saat ingin mengunjungi daerah-daerah yang jauh dan ingin menampung banyak person. Kelebihan menggunakan mobil inilah yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih transportasi. Memiliki kapasitas penumpang yang banyak, tidak kepanasan atau kehujanan saat berada dalam perjalanan, dapat memuat banyak barang dan tentu saja jika menggunakan mobil dapat lebih tenang dalam melakukan perjalanan karena bisa sambil mendengarkan musik, bercerita dan ngemil jika memungkinkan.

Untuk mendapatkan pilihan terbaik, para wisatawan kini bisa dengan mudah mencari situs-situs online penyewaan mobil yang tersebar di internet. Namun, dalam beberapa hal para wisatawan kadang masih direpotkan dengan beberapa akses dan kesulitan menemukan rekomendasi pilihan. Maka dari itu, DOcar adalah salah satu dari banyaknya situs rental mobil yang terbilang sangat spesifik dalam memberikan informasi mengenai penyewaan mobil.


Wah, kayaknya DOcar ini bisa jadi pilihan calon wisatawan yang ingin mencoba merasakan berkendara dengan mobil dengan budget yang pas-pasan. Nggak menutup kemungkinan bagi kita-kita yang enggak punya mobil ini bisa ngerasain wisata pakai mobil, dong. Apalagi makin banyak orang yang ingin pergi berlibur bareng dan ingin merakasan naik mobil, biayanya jadi lebih murah karena biaya sewa ditanggung bersama. Uhuy!

   APA ITU DOCAR?   
Kenalan sama DOcar, yuk!
Seperti penjelasan sebelumnya, DOcar merupakan sebuah aplikasi rental berbasis sistem pencarian mobil sewaan dari beberapa partner rental yang sudah tergabung dalam situs DOcar. Sekarang sewa mobil nggak perlu keliling lagi, aplikasi DOcar ini bisa dengan mudah diakses siapa saja, dimana saja dan kapan saja.




Saat ini semuanya sudah dimudahkan dengan adanya internet, transaksi jual beli online sudah bukan hal yang awam bagi masyarakat. Internet memberi kesempatan kepada penjual dan pembeli untuk bertemu dan saling bertransaksi. Pasar di Internet yang kita kenal saat ini dengan sebutan e-marketplace.

Salah satu e-marketplace yang sedang berkembang saat ini adalah DOcar, situs rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa kepada calon pelanggan. Dalam transaksi penyewaan mobil ini, partner-partner penyedia jasa sewa mobil dapat bekerja sama dengan DOCar untuk memasarkan jasa sewa mobil dan itu memberi kemudahan bagi calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

DOcar saat ini baru bisa menyediakan pelayanan awal untuk tiga kota yaitu Jogja, Solo dan Semarang. Namun kedepannya DOcar akan terus memperluas jaringan pelayanan agar bisa dinikmati konsumen dari seluruh Indonesia.

Aplikasi DOcar sangat mudah digunakan sebagaimana menggunakan sosial media di smartphone. Ini sangat menghemat waktu kita dalam mencari rekomendasi sewa mobil. Apalagi dalam keadaan ingin berwisata bersama teman atau ada acara keluarga namun ingin menggunakan kendaraan yang bisa menampung banyak penumpang sekaligus. Bagi yang tidak ingin kerepotan lagi dalam melakukan penyewaan mobil seperti harus telepon, aplikasi DOcar ini akan sangat membantu kita berkesempatan mendapatkan mobil sewa yang sesuai dan benar-benar tepat dengan selera kita.

   SEJARAH DOCAR?   
PT DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar telah berkecimpung di bidang IT sejak tahun 2011. Setelah berada di bidang IT khususnya dunia online internet selama lima tahun, DOcar melihat peluang bisnis di sektor jasa sewa mobil Solo Jogja Semarang.


DOcar menyadari perkembangan pesat penggunaan aplikasi mempunyai inisiatif untuk mencarikan solusi antara pelaku jasa sewa mobil calon pelanggan. Dilandasi keinginan DOcar untuk membantu penyewa mobil mendapatkan mobil pilihan, membantu rental mobil memasarkan produk-produk jasa sewa mobil, serta mendukung pariwisata Indonesia. Para penyewa akan benar-benar puas dalam mendapatkan mobil pilihan mereka, karena dapat mengetahui kondisi mobil dengan rinci dan juga aplikasi DOcar sudah menetapkan penghitungan harga keseluruhan (total pembayaran) sehingga itu akan sangat membantu calon pelanggan dalam menyusun anggaran mereka tanpa adanya biaya tambahan lain.

Menilik namanya, DOcar mempunyai pemilihan nama yang unik. Awal mengucap kata DOcar pasti akan terpikir kata "dokar" atau biasa kita kenal dengan salah satu alat transportasi tradisional yang menjadi warisan budaya Jawa. Saat ini dokar fungsinya sudah bergeser dari yang dulunya sebagai kereta pembawa anjing pemburu menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. DOcar (DO your activities with CAR), -"Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil." Fungsi inilah yang mengilhami  visi DOcar yang ingin turut serta dalam kontribusinya dalam bidang pariwisata Indonesia.

   7 ALASAN SEWA MOBIL DI DOCAR   
Biasanya apa sih yang diperhatikan jika ingin menyewa mobil? Mengapa saya merekomendasikan DOcar untuk memilih mobil yang ingin disewa? Apa keuntungannya jika menyewa di DOcar dibanding menyewa langsung ditempat rental? Simak penjelasannya, yuk!


1. TINGGAL KLIK
Aplikasi DOcar dapat diunduh gratis dan digunakan melalui smartphone berbasis Android maupun diakses langsung melalui PC. Aplikasi DOcar sangat ringan sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan saat diunduh pada smartphone kamu. Selain memberi kemudahan akses, aplikasi DOcar juga memperhatikan desain aplikasi yang nyaman saat digunakan, simpel dan tidak banyak advertisement yang bisa mengganggu pengguna. Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa dengan mudah menemukan dan memesan mobil rentalan yang ada.

   

2. BOOKING MUDAH
Perhatian terhadap aplikasi penyewaan mobil ini sangat efektif dalam menyewa mobil. Bagi kamu yang super sibuk dan tidak ada waktu untuk mondar-mandir cari tempat penyewaan mobil, bisa download aplikasi DOcar di Playstore/AppStore dari smartphone kamu dan disana kamu bisa dengan mudah memesan mobil hanya dengan 3 langkah saja, lho. Kamu bisa dengan mudah memesan mobil dimana saja dan kapan saja.

1. Pilih
Masukkan data perjalanan yang diinginkan. Kemudian pilih mobil yang tersedia dari daftar yang ada. Sistem DOcar membantu kita mendapatkan mobil sesuai pilihan bahkan menyediakan detail plat nomor kendaraan sebagai sarana identifikasi.
2. Pesan
Setelah memilih mobil yang diinginkan, saatnya memesan mobil tersebut. Proses ini sangat mudah karena DOcar juga menyajikan informasi tentang data pemesanan sekaligus harga.
3. Bayar
Harga yang tertera pada akhir pemesanan adalah harga kesleuruhan dari biaya yang harus dibayar. Tidak ada lagi tambahan biaya. Jadi, saat memesan, kamu bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan. Setelah cocok, pembayaran bisa melalui metode yang kamu inginkan.
DOcar menyediakan beberapa metode pembayaran yang dapat dilakukan. Saat ini, dapat membayar melalui transfer bank (BCA, Mandiri, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima), kartu kredit (Mastercard, Visa), dan PayPal.


3. ANTARMUKA INFORMATIF
Adanya DOcar sangat membantu liburan kamu yang ingin menggunakan mobil jadi lebih menyenangkan. Kamu yang saat ini berada di Jogja, Solo atau Semarang tidak perlu bingung lagi mencari rekomendasi tempat rental mobil, dengan menyewa mobil melalui DOcar, kamu bisa berkesempatan mengetahui kondisi mobil sebenar-benarnya, lho. Setiap rental mobil dan entri mobil diulas serinci mungkin oleh DOcar.
4. BAYARNYA GAMPANG
Saat ini DOcar menyediakan beberapa metode pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit dan PayPal. Dalam pengembangan aplikasi, DOcar juga akan menyediakan metode pembayaran yang akan memudahkan kamu dalam bertransaksi.
5. BANYAK PROMO & DISKON
Promo dan diskon biasanya sangat dicari dan dinanti-nanti oleh pelanggan seperti kita. Dengan adanya promo dan diskon yang disediakan, pastilah harga sewa jadi lebih murah dari biasanya. DOcar menawarkan promo dan diskon di bulan September 2016 ini, buat kamu yang ingin menyewa mobil di DOcar, bisa banget mendapatkan penawaran ini.


Promo: September Ceria
Diskon 9% selama bulan September ke semua kota tujuanmu
Periode Sewa: 01-30 September 2016
Syarat dan Ketentuan berlaku.
6. BISA REFUND
Sistem DOcar dilengkapi kebijakan refund dengan syarat sebagai berikut:
a.Dana akan dikembalikan apabila semua transaksi dibatalkan 24 jam sebelum keberangkatan.
b.Dana akan dikembalikan apabila mobil yang akan disewa tidak datang pada saat penjemputan.
Jadi, buat kamu yang ingin melakukan pembatalan setelah transaksi bisa saja asal dengan mememuhi dua syarat diatas, ya. Mudah, kan.
7. RENTALMU BISA GABUNG DOCAR
Kamu berada di Solo, Jogja atau Semarang? Punya bisnis rental mobil dan ingin bergabung dengan DOcar? Bisa banget! DOcar sangat membuka peluang bagi kamu yang ingin rentalnya bergabung di DOcar, kamu bisa bekerja sama dan menjadi partner DOcar. Caranya bergabung bagaimana? Mudah saja, simak caranya sebagai berikut:
a. DOcar akan menyediakan formulir kerja sama yang akan kamu isi dengan informasi terkait perusahaan rental yang ingin kamu ajukan kerja sama.
b. Setelah mengisi form tersebut, kirimkan kembali ke DOcar. DOcar akan melakukan validasi data rental.
c. Tunggu kabar dan info dari DOcar. Jika rental mobil online kamu dinilai memenuhi standar, kamu bisa mendapat hak akses untuk bisa memasukkan armada-armada yang disewakan. DOcar hanya menerima rental pilihan yang sudah disutujui dua belah pihak.

   MENGAPA PILIH DOCAR?   

1. MUDAH DAN FLEKSIBEL
Kemudahan penggunaan DOcar dihadirkan dengan melalui tiga langkah penyewaan saja, selain itu kamu bisa menyewa mobil dimana saja dan kapan saja melaluli bantuan dari apilkasi DOcar.
2. HARGA MURAH
Sistem DOcar juga membantu kamu dalam menentukan harga selain itu DOcar juga merekomendasikan pilihan harga termurah pada sistem pencarian mobil di DOcar.
3. BANYAK VARIAN
Mobil yang terdaftar pada situs DOcar memiliki banyak varian sehingga memudahkan kamu menemukan mobil sewa impian kamu.
4. SESUAI PILIHAN
Dalam pemilihan mobil, mobil yang kamu dapatkan adalah mobil yang telah kamu pilih. Keuntungan ini tidak bisa kamu dapatkan jika menyewa langsung ke rental. Mereka mungkin bisa menyewakan mobil sesuai kriteria kamu tetapi tidak tepat sesuai pilihanmu. 

   BAGAIMANA SEWA MOBIL DI DOCAR?   

Kemudahan akses DOcar bisa kamu rasakan melalui aplikasi yang sedari tadi sudah saya singgung. Cara pemesanan bisa dilakukan setelah mengunduh aplikasi DOcar dari smartphone kamu. Berikut ini cara pesan sewa mobil melalui app DOcar:




1. Setelah selesai mengunduh aplikasi, buka aplikasi DOcar.
2. Masukkan data perjalanan di kotak pencarian mobil.
3. Akan muncul daftar mobil yang tersedia sesuai dengan tanggal sewa mobil. Klik tombol "Pesan" untuk memilih mobil yang sesuai dengan kamu.
4. Setelah memilih mobil, kamu akan diarahkan ke halaman detail mobil.
5. Jika sudah sesuai dengan keinginanmu, klik tombol "Pesan Sekarang".




6. Isi form pemesanan yang antara lain terdiri dari informasi kontak dan detail penjemputan. Ketuk tombol "Lanjutkan" untuk memproses pemesanan.
7. Pada penjemputan, kamu juga bisa mengisi alamat penjemputan yang diinginkan. Misal, ingin dijemput di rumah. Tulis alamat rumahmu secara lengkap di form tersebut.
8. Kamu akan diarahkan ke form metode pembayaran. Kamu bisa menentukan untuk membayar lunas pemesanan atau membayar DP sebesar 25% terlebih dahulu. Pilih metode pembayaran dan ketuk tombol "OK" untuk melanjutkan.
9. Apabila kamu memilih metode pembayaran transfer, kamu akan diarahkan ke detail pembayaran. Ketuk tombol "Bayar" untuk mulai melakukan proses pembayaran.
10. Cek email untuk mengetahui kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke kotak di bawah tulisan kode verifikasi. Selesaikan proses pembayaran dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Note: Jika kamu tidak dapat menyelesaikan proses pembayaran dan mengkonfirmasi dalam jangka waktu yang diberikan, pemesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem.


   PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN DI DOCAR?   

Ada beberapa hal yang mungkin masih mengganjal dan penasaran, maka dari itu saya akan ulas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan para pelanggan sebelum menyewa mobil di app DOcar.

  • Keuntungan apa yang dapat diperoleh menggunakan app DOcar?
Kamu akan mendapat beberapa keuntungan lho tentunya. Keuntungan yang didapat antara lain: Antarmuka Informatif, Sesuai Pilihan, dan Harga Sewa Murah.

  • Mobil jenis apa saja yang disewakan?
Saat ini ada banyak varian mobil yang tersedia, untuk layanan rental dan sewa mobil Jogja, Solo dan Semarang DOcar menyediakan hampir semua jenis mobil, seperti city car, mobil mewah hingga big bus. Adapaun merek-merek mobil: Avanza, Xenia, Nissan March, Grand Livina, APV Arena, Grand Innova, Fortuner, Pajero, Pregio, Travello, ELF, HiAce, Alphard, Vellfire, Camry, dll.
  • Seberapa jauh tujuan saya dalam menyewa mobil?
Kamu bisa menyewa mobil selama tujuannya masih berada dalam satu pulau.
  • Apakah bisa memesankan untuk orang lain?
Bisa. Kamu tinggal masukkan data orang yang akan menggunakan mobil di bagian "Informasi kontak yang akan dijemput" pada detail perjalanan kamu.
  • Bagaimana jika memakai mobil melebihi waktu penyewaan?
Biaya overtime per jam pada umumnya adalah 10% dari biaya sewa. Akan tetapi, besaran biaya overtime tergantung dari masing-masing rental. Pembayaran dapat dilakukan langsung kepada rental mobil online yang bersangkutan.
  • Apakah akan terkena biaya jika melakukan pembatalan transaksi?
Jika pembatalan transaksi dilakukan maksimal 24 jam sebelumnya, kamu tidak dikenakan biaya pembatalan. Jika pembatalan transaksi dilakukan lebih lambat daripada batas maksimal, kamu akan dikenakan biaya pembatalan 25% dari nilai transaksi.

Masih ada pertanyaan lain? Kamu bisa menghubungi DOcar di Email Pelayanan:
support@docar.co.id


   ALAMAT KANTOR DAN INFORMASI DOCAR   
Untuk memudahkan pencarian DOcar, seperti alamat, kontak, atau nomor telepon, saya sertakan dibawah ini beberapa informasi terkait. 



Informasi lain:
Alamat: Jalan Soepomo No. 78 Surakarta Jawa Tengah.
Telp.: 0822-2123-2123 | 0271-7461745
Email: support@docar.co.id


   HUBUNGI DOCAR   








   KEUNGGULAN DOCAR   

1. MUDAH DIAKSES
: Mengingat sekarang serba instan dan gadget, adanya aplikasi DOcar sangat efisien dalam menghemat waktu karena kemudahan aksesnya.
2. FLEKSIBEL: Bisa dimana saja dan kapan saja kamu butuh sewa mobil, DOcar siap membantumu.
3. MENAMPILKAN HARGA TERMURAH: Tertera banyak harga di dalam daftar sewa mobil DOcar, namun DOcar sudah secara otomatis memfilter pencarian dengan menampilkan harga termurah pada posisi paling atas.
4. BANYAK VARIAN MOBIL: Adanya banyak pilihan, kamu bisa mendapatkan mobil sewa yang sesuai keinginan dan dapat pula melihat detail hingga plat mobil.
5. JOGJA, SOLO, SEMARANG: merupakan jangkauan layanan awal dari DOcar, kedepannya DOcar akan terus memperluas wilayah operasional.
6. MUDAH, TEPAT, TERJANGKAU: Demi melayani kebutuhan sewa-menyewa mobil, DOcar melancarkan visi ini untuk menghadirkan layanan sewa yang baik.
7. REKOMENDASI WISATA&TIPS: Dalam Blog DOcar, (http://blog.docar.co.id/) terdapat rekomendasi wisata dan tips yang disajikan secara menarik. Banyak pilihan wisata yang bisa dijadikan wishlist kamu untuk dikunjungi jika berkunjung ke tiga kota di Jawa (Jogja, Solo dan Semarang).

Jogja, Solo dan Semarang merupakan tiga kota yang memiliki wisata terlengkap mulai dari budaya, kuliner, sejarah hingga religi. Tempat-tempat wisatanya sangat banyak dan jalur tempuhnya pun bisa diakses menggunakan mobil.

   KESIMPULAN   

Sekian banyak tempat rental yang harus kamu kunjungi, kesana kemari menghubungi pihak rental dan belum tentu mendapat mobil yang diinginkan, membuat kepala terasa pening dan penat. Liburan yang seharusnya asyik menjadi kurang berkenan karena terkendala transportasi.




Dengan adanya DOcar lain lagi ceritanya. Dari pada pusing-pusing berpikir mau kemana menyewa mobil yang sesuai pilihan, dengan mengakses aplikasi ini kamu sudah bisa mendapat pelayanan yang mudah, menemukan harga yang tepat, boleh jadi mendapat mobil yang mewah. DOcar adalah solusi tepat untuk perjalananmu. Sewa mobil mudah, perjalanan jadi menyenangkan.



Yuk, segera Download DOcar Apps:




***
Ilustrasi: Freepik (freepik.com)
Design: Rian Nofitri (www.ranssoul.com)
Referensi: Docar (www.docar.co.id)

Sabtu, 10 September 2016

Biar Foto yang Bicara

Halo my dearest friend.

Bicara mengenai fotografi, pasti banyak dari kita yang nggak bisa lepas dari aktivitas memotret. Semua orang bisa motret, semua orang bisa fotografi. Jaman sekarang apalagi, ya kan. Memotret tidak lagi harus menggunakan kamera mahal-mahal. Sekarang foto sudah jadi hal lumrah, mudah dilakukan, sudah bisa dijangkau dengan menggunakan smartphone milik kita. Bahkan sebelum ada smartphone, telepon genggam jaman dulu juga ada beberapa tipe yang sudah mendukung fitur kamera.

Gue sendiri juga suka fotografi. Suka aja, suka mengabadikan momen-momen dan apapun yang aku anggap menarik untuk difoto. Secara pribadi, gue lebih suka motret arsitektur bangunan, interior, atau pemandangan gitu. Nggak melulu itu juga sih, tapi ya dominan motret benda mati.

Gue suka foto karena ada hal yang tidak bisa diterjemahkan dengan kata-kata tapi bisa diungkapkan hanya dengan melihat foto. Asek.



Cr: Rian Nofitri

Ada ungkapan menggelitik dari Agan Harahap dalam artikelnya yang gue baca di Qubicle (https://qubicle.id) beberapa waktu lalu dengan judul Project Mercury (http://qubicle.id/story/project-mercury-2



"Sebuah foto tidak akan pernah bersifat obyektif. Fotografer adalah individu yang mempunyai opini, penilaian, kepercayaan, dan lainnya sehingga apa yang dia bidik dan kapan dia memencet tombolnya membawa kadar subjektivitasnya sendiri.




Semua orang memiliki asumsi dan pendapat berbeda mengenai kenapa mereka suka fotografi. Gue sendiri, punya alasan, contohnya ya pejelasan diatas tadi. Fotografi itu membekukan gambar. Freeze. Menangkap realitas dengan warna dan gaya masing-masing. Contohnya, walaupun sama-sama fotografer travelling, tapi pasti mereka memiliki ciri khas pembeda satu dengan yang lainnya.







Memang, dalam dunia fotografi, semua orang dapat dengan gamblang berkomentar macam-macam setelah melihat hasil sebuah foto. Tapi tidak bisa kita pungkiri, teknik fotografi itu tidak hanya sekedar menyuguhkan gambar begitu saja. 

"Begitu banyak daya dan upaya orang untuk memaksimalkan teknologi demi tampilan sebuah foto. Baik itu untuk sekedar selfie maupun sampai foto-foto berita."
Foto itu sudah 'tidak jujur' dari awal. Itu yang gue ambil dalam makna sebuah fotografi. Tidak jujur dalam hal apa nih maksudnya? Dalam teknik fotografi, dari sejak awal ingin memotret, kita sudah pasti menyiapkan kamera. Entah kamera HP, kamera DSLR atau kamera jenis lainnya. Disana, tidak bisa kita cekal, bahwa kita juga bermain 'editing' karena sistem kamera memang dilengkapi dengan sistem pengaturan. Salah dong, kalau kita mengomentari orang yang fotonya terlihat enggak real, dengan bilang, "wah editan nih!" Loh, ya memang editan, bawaan kamera saja sudah menerapkan sistem pengaturan brightness, contrass, white balance dan lain sebagainya. Masa iya itu nggak termasuk edit? Walaupun memang yang dimaksud 'edit' dalam komentarnya adalah pengaturan setelah foto ditransfer ke aplikasi editing foto.

Ilmu fotografi tidak secetek itu, lho, teman-teman. Karena kita lihat para fotografer profesional, adakah dari mereka yang tidak menerapkan editing dalam fotografi mereka? Justru editing ini sangat diperlukan. Belajar editing dalam fotografi itu sah. Asalkan jangan sampai diluar kewajaran dan menimbulkan orang lain berekspetasi berlebihan. 
"Dalam kaitannya dengan era sosial media, fotografi tentu saja bisa dengan semena-mena membentuk dan menggiring opini publik tentang suatu hal."
Kesimpulannya, foto yang disajikan begitu saja tanpa diedit juga bisa saja dilakukan karena melihat beberapa faktor. Salah satunya memang foto tersebut jika diedit lagi malah tidak pantas dan berlebihan. Ini hanya soal keterampilan dan kreativitas dalam mengambil sebuah foto. Karena foto juga bisa mengandung banyak opini seperti yang dibilang Agan Harahap.

Cr: Rian Nofitri

Seperti foto yang saya ambil ini. Ini bukan editan dari aplikasi fotografi, tapi emang gue memanfaatkan sistem pengaturan di kamera, maka dari itu kecepatan, kontras, ISO dan lainnya sudah saya setting terlebih dahulu sebelum membidik objek. Kira-kira kalau melihat foto ini, opini apa ya yang bakal orang-orang komentarkan? Hoho. Yah, biar foto yang bicara. 

Begitulah wawasan baru yang gue dapatkan dari Qubicle, sebuah social content network yang lagi banyak banget membahas artikel menarik. Bagi kalian yang ingin kepoin atau membaca artikel dengan konten singkat dan keren. Bisa menghubungi Qubicle lebih lanjut di beberapa social media:
Facebook: Qubicle
Twitter: @Qubicle_ID
Instagram: @Qubicle_ID
Youtube: Qubicle_ID



Sampai jumpa!

Sabtu, 27 Agustus 2016

Menang Lomba (lagi) Part 2

Alhamdulillah.
Aku nggak nyangka, beberapa kerja keras terbayar dengan hasil yang lumayan menggiurkan. Wkwk.
Ah, kegembiraan ku kali ini nggak datang cuma dari satu lomba aja, bayangkan. Bukannya sombong sih, cuma pengin berbagi kebahagiaan dan nularin semangat. Siapa tahu jadi ketularan dan bisa ikutan semangat buat cari gratisan dengan berkarya. Et dah. Hahah!



Baca juga: Menang Lomba (lagi)

Pertama, dikejutkan dari hasil lomba foto yang diadakan oleh ZenTalk di forum ASUS, kebetulan gue ikutan jadi member disana dan banyak banget event-event keren yang seriiing banget diadain. Yaah, secara naluri, gue pengin aja ikut, awalnya sih tertarik lombanya, kedua tentu saja hadiahnya ohoho. Walaupun ada juga beberapa yang gue nggak ikutan padahal menarik karena emang menurut gue kalau ikut bisa kalah dan gue payah juga dibidang tersebut. Ehehe, milih milih koe, Nof. Oh ya jelas lah. Kalau nggak pilih-pilih nanti bisa-bisa kalah, wkwk. Jadi selama ini... hush apasih.

Baca juga: Rejeki Giveaway

Kedua, sama juga nih. Lagi-lagi dari lomba foto di ZenTalk di forum ASUS. Eleeeh, Nof. Mborong apa doyan? Dua-duanya. Ya mborong, ya gratisan, ya senang lah hatiku jadinya. HAHA! Ketawa songong. Dasar sombong, ampuni Nofi ya Allah.

Juara berapa deh, Nof?

Widih..
Ya juara satu lah, yang namanya juara itu ya pasti pertama. Wakaka. Siapa bilang, kene tak dulang sega. Hih! Alhamdulillah maksudnya, alhadulillah Nofi juara pertama semua di semua lomba foto diatas. Terima kasih ya Allah. Terima kasih para juri.

Jangan-jangan jurinya naksir kamu kali, Nof.
Wedew..
NGGAKLAH! Apaan coba... Cinta karena lomba? Omong kosong. 
Heh, tapi cinta datang dari mana saja, lho.
Hm.. Iya iya, tapi ya enggak gitu juga kalee. Mungkin emang karya gue aja yang bagus dimata juri, jadi mereka cinta sama karya gue bukan sama gue! Hoe. Plis.

Tapi kenapa bisa juara lomba foto terus yang menang, Nof?
Suka foto? Bisa jadi.
Suka motret? Ya.. biasa aja, cuma sekedar suka, enggak lebih, enggak menekuni, dan aku lebih suka motret apa yang pengin aku potret (yaiyalah). Tentu saja gue nyari lomba foto yang sesuai minat foto gue, wahaha. Jadi milih-milih juga!
Dasar!
Walaupun menang lomba foto terus, tapi gue masih tetep lebih menekuni dunia desain, sih. Karena minat gue bisa dibilang 80% di bidang desain daripada fotografi.
Mungkin juga karena keterbatasan alat (kamera) jadi yaa motret pake hape seadanya. Tcakep!

Masih ada lagi, sih. Satu lagi, mungkin dua lagi yang masih dalam proses perlombaan. Haha. Doakan menang ya, kawan. Siapa tau kalian kecipratan hadiahnya. Aamiin.